Lulusan sarjana Gizi diharapkan mencapai hasil pembelajaran yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional. Berikut adalah hasil pembelajaran yang harus dicapai:
A. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep dasar ilmu gizi, anatomi, fisiologi, biokimia, patofisiologi, dan ilmu kesehatan terkait.
- Memahami prinsip penilaian status gizi individu dan populasi.
- Menguasai prinsip perencanaan, implementasi, dan evaluasi program gizi di tingkat individu, institusi, dan masyarakat.
- Menguasai konsep dietetik, manajemen pelayanan gizi, serta teknologi pangan dan pengolahan makanan.
- Memahami hubungan antara gizi, pangan, dan kesehatan dalam siklus kehidupan.
B. Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menyelesaikan masalah gizi berbasis data dan bukti ilmiah.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dalam memberikan edukasi dan konseling gizi kepada individu, kelompok, dan masyarakat.
- Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim multidisiplin dengan sikap profesional.
- Mampu menggunakan teknologi dan perangkat lunak terkait analisis data gizi dan pangan.
C. Keterampilan Khusus
- Mampu melakukan asesmen gizi melalui pengukuran antropometri, survei konsumsi makanan, dan analisis biokimia.
- Mampu merancang rencana diet dan intervensi gizi sesuai dengan kondisi kesehatan individu atau kelompok.
- Mampu mengidentifikasi masalah gizi di tingkat komunitas dan menyusun program intervensi gizi yang tepat.
- Mampu menganalisis data gizi dan kesehatan untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti.
- Mampu mengevaluasi efektivitas program gizi dan membuat rekomendasi perbaikan.
D. Sikap dan Tata Nilai
- Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam praktik keilmuan dan pekerjaan di bidang gizi.
- Memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu gizi dan kesehatan berbasis penelitian serta inovasi.
- Menjunjung tinggi etika profesi dan mampu memberikan pelayanan gizi yang berkualitas.
- Berorientasi pada kepentingan kesehatan masyarakat dan peningkatan status gizi secara berkelanjutan.
E. Capaian Utama
Dengan hasil pembelajaran ini, lulusan sarjana Gizi memiliki kompetensi untuk berperan sebagai:
- Ahli Gizi di bidang klinik, komunitas, dan industri.
- Edukator Gizi untuk meningkatkan kesadaran gizi masyarakat.
- Peneliti Pemula dalam bidang gizi dan pangan.
- Pengelola Program Gizi di institusi kesehatan, pemerintah, dan swasta.
Hasil pembelajaran ini dirancang agar lulusan sarjana Gizi siap menghadapi tantangan global dalam meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat.