Hasil Pembelajaran Lulusan Sarjana Gizi


Lulusan sarjana Gizi diharapkan mencapai hasil pembelajaran yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional. Berikut adalah hasil pembelajaran yang harus dicapai:

A. Penguasaan Pengetahuan

  • Menguasai konsep dasar ilmu gizi, anatomi, fisiologi, biokimia, patofisiologi, dan ilmu kesehatan terkait.
  • Memahami prinsip penilaian status gizi individu dan populasi.
  • Menguasai prinsip perencanaan, implementasi, dan evaluasi program gizi di tingkat individu, institusi, dan masyarakat.
  • Menguasai konsep dietetik, manajemen pelayanan gizi, serta teknologi pangan dan pengolahan makanan.
  • Memahami hubungan antara gizi, pangan, dan kesehatan dalam siklus kehidupan.

B. Keterampilan Umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menyelesaikan masalah gizi berbasis data dan bukti ilmiah.
  • Mampu berkomunikasi secara efektif dalam memberikan edukasi dan konseling gizi kepada individu, kelompok, dan masyarakat.
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim multidisiplin dengan sikap profesional.
  • Mampu menggunakan teknologi dan perangkat lunak terkait analisis data gizi dan pangan.

C. Keterampilan Khusus

  • Mampu melakukan asesmen gizi melalui pengukuran antropometri, survei konsumsi makanan, dan analisis biokimia.
  • Mampu merancang rencana diet dan intervensi gizi sesuai dengan kondisi kesehatan individu atau kelompok.
  • Mampu mengidentifikasi masalah gizi di tingkat komunitas dan menyusun program intervensi gizi yang tepat.
  • Mampu menganalisis data gizi dan kesehatan untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti.
  • Mampu mengevaluasi efektivitas program gizi dan membuat rekomendasi perbaikan.

D. Sikap dan Tata Nilai

  • Menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam praktik keilmuan dan pekerjaan di bidang gizi.
  • Memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu gizi dan kesehatan berbasis penelitian serta inovasi.
  • Menjunjung tinggi etika profesi dan mampu memberikan pelayanan gizi yang berkualitas.
  • Berorientasi pada kepentingan kesehatan masyarakat dan peningkatan status gizi secara berkelanjutan.

E. Capaian Utama

Dengan hasil pembelajaran ini, lulusan sarjana Gizi memiliki kompetensi untuk berperan sebagai:

  • Ahli Gizi di bidang klinik, komunitas, dan industri.
  • Edukator Gizi untuk meningkatkan kesadaran gizi masyarakat.
  • Peneliti Pemula dalam bidang gizi dan pangan.
  • Pengelola Program Gizi di institusi kesehatan, pemerintah, dan swasta.

Hasil pembelajaran ini dirancang agar lulusan sarjana Gizi siap menghadapi tantangan global dalam meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat.